Tips dan Trick Menggunakan Chat GPT

    ChatGPT merupakan salah satu program berbasis AI yang melejit dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagai tools yang tergolong baru (release ke publik 30 November 2022). Oleh karenanya banyak hal yang bisa digali dari penggunaan ChatGPT ini. Saya sendiri sering menggunakan chatGPT untuk melakukan bainstorming ide dalam beberapa hal utamanya menulis. Pada artikel ini kita akan membahas, 10 tips dan trick dalam menggunakan ChatGPT.

Apa itu chatGPT ?

    chatGPT merupakan salah satu produk/tools kecerdasan buatan dari OpenAI, yang berlandaskan natural language processing (NLP) dengan teknologi GPT (Generative pre-trained transformer),  dengan cara kerja utamanya adalah memakai format percakapan (chat). Chat GPT dilatih dengan menggunakan data dari berbagai sumber seperti artikel, buku, dan situs web. Saat ini chatGPT menggunakan GPT-3.5 dengan data latih (data train) sampai dengan Sep 2021 untuk versi gratis. Sedangkan untuk versi berbayar / premium menggunakan GPT-4 yang kemampuan lebih powerfull dan data latih yang digunakan lebih banyak.

Cara Menggunakan chatGPT di Website

  1. Buka browser dan kunjungi situs Open AI.
  2. lakukan pendaftaran, usahakan menggunakan nomor yang aktif karena verifikasi akan dikirim kesana.
  3. Maka akan muncul tampilan chatGPT, ajukan pertanyaan dan selamat menggunakan.

Tips dan Trick Menggunakan chatGPT

  1. Spesifikan jumlah kata
    Anda bisa membatasi jumlah yang kata yang tergenarate dengan prompt semisal "buat artikel sebanyak 100 kata mengenai politik". Maka prompt akan menghasilkan 100 kata. Walaupun demikian ada batasan dalam jumlah karakter yang digenerate yaitu 2048 karakter.

  2. Buat pertanyaan yang simpel
    Sebisa mungkin gunakan pertanyaan yang simpel, mudah, dan straight to the point. Pertanyaan yang kompleks akan membuat hasil menjadi jauh lebih bias dari yang kita harapkan. 
  3. Petanyaan bersambung
    ChatGPT bisa menyambungkan pertanyaan dengan topik yang sebelumnya ditanyakan. Semisal anda bertanya tentang cara memilih ikan cupang, kemudian anda lanjut menanyakan ukuran akurium yang pas dari ikan cupang. ChatGPT akan secara otomatis menganggap pertanyaan sebelumya akan satu topik yang sedang ditanyakan sekarang.
  4. Rekomendasi website berdasarkan topik
    Sumber informasi yang didapat dari ChatGPT banyak juga yang berasal dari internet oleh karena itu anda bisa menanyakan spesifik website untuk topik tertentu. Semisal menanyakan rekomendasikan 10 website untuk memelihara ikan cupang (topik pada poin 3).

  5. Gunakan kalimat tanya 
    Sebisa mungkin selalu menggunakan kalimat pertanyaan dibandingkan pernyataan. Gunakan 5W + 1H untuk spesifikasi jawaban yang anda inginkan. Menggunakan kalimat tanya yang tepat bisa menghasilkan jawaban yang lebih optimal.
  6. Regenarate Response
    Jika merasa jawaban yang didapat masih kurang atau anda ingin mengingikan varian jawaban lain, anda bisa mengklik tanda reload / regenerate response untuk mendapatkan jawaban yang baru. Dengan jawaban baru anda bisa memilih mana jawaban yang lebih baik yang anda akan gunakan. 
  7. Gunakan kata kunci 
    Pastikan menggunakan keyword / kata kunci dalam membuat pertanyaan. Keyword ini akan membantu dalam mendapatkan jawaban yang anda inginkan. Termasuk dalam memudahkan membuat pertanyaan selanjutnya tanpa perlu melakukan spesifikasi ulang. Semisal menggunakan kata "ikan cupang" sebagai keyword.
  8. Check dan Recheck
    Jawaban yang anda terima jangan selalu anda percaya seratus persen. Lakukan recheck jawaban yang diterima. Sebagai contoh anda bisa menanyakan sila ke 6 Pancasila, chatGPT akan menjawab hal yang random dan mirip-mirip dengan sila yang lain. Jika tidak direcheck maka jawaban yang didapat kurang tepat.

  9. Minta menuliskan response ke dalam bahasa yang anda inginkan
    Anda bisa melakukan perintah untuk menuliskan response dalam bahasa tertentu. Bahkan dalam format tertentu semisal json dsbnya. Ini akan sangat membantu dalam menghemat waktu penerjemahan bahasa yang anda inginkan.

  10. Gunakan kalimat sopan
    Mungkin terdengar sangat klise. Perlakukan chatGPT seperti halnya kita mengobrol pada manusia biasa, gunakan kalimat yang sopan. Hindari penggunaan kata-kata kasar untuk menghindari jawaban kalimat yang tidak diinginkan.



Sumber:

Posting Komentar untuk "Tips dan Trick Menggunakan Chat GPT"