Blink Menggunakan NodeMCU

    


    Salah satu project paling simpel dalam memahami suatu microcontroller adalah melakukan blink. Kebetulan saya memiliki nodeMCU yang sudah lama tidak digunakan. Saya bermaksud mengetest apakah NodeMCU yang saya miliki masih berfungsi,  dan tanpa perlu komponen lain semisal LED tambahan,  kabel jumper, dan resistor. Saya rasa blink bisa digunakan untuk pengetesan tersebut. 

Praktikal

Mengenal LED D0 LED NodeMCU

    Berbeda seperti Arduino uno pada umumnya. NodeMCU sudah menggunakan ESP8266 untuk processornya dan sudah terpasang modul Wifi. Walaupun demikian NodeMCU memiliki komponen umum yang dimiliki Arduino Uno, semisal LED Blink. LED Blink build in yang dimiliki NodeMCU terletak pada D0 / GPIO16. Sehingga dengan memberi value digital HIGH membuat LED padam dan LOW membuat LED menyala.

Source Code

Kita akan membuat code dimana LED akan dinyalakan selama 0.5 detik, kemudian setelah itu padamkan selama 2 detik. Berikut source codenya : 

kemudian compile dan upload 

Demikian, kurang lebihnya saya mohon maaf terimakasih. Semoga bermanfaat.

Sumber

https://en.m.wikipedia.org/wiki/NodeMCU#:~:text=NodeMCU%20is%20an%20open%20source,than%20the%20associated%20development%20kits. diakses pada tanggal 22 Januari 2024.

https://www.instructables.com/NodeMCU-Basic-Project-Blink-a-LED/ diakses pada tanggal 21 Januari 2024

Posting Komentar untuk "Blink Menggunakan NodeMCU"