Apa Itu Perl

Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Larry Wall pada tahun 1986 yang awalnya digunakan sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk menulis program di lingkungan UNIX.

Perl adalah sebuah bahasa pemrograman yang menggabungkan kemampuan bahasa C, utilitas sed dan awk/grep dan bahkan fitur shell. Oleh karena itu Perl memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
  1. Perl memiliki kekuatan dan keluwesan sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti halnya C, tetapi tidak serumit C. Berbagai fitur pada bahasa C diadaptasikan ke Perl. Oleh karena itu sintaks pada Perl menyerupai bahasa pemrograman C.
  2. Perl memberikan kemudahan dalam melakukan pencocokan pola seperti halnya grep dan awk. Selain itu, serupa dengan awk, Perl menyerupai sintaks pada C.
  3. Perl memungkinkan pemrosesan teks sebagaimana keluwesan pemrosesan teks pada utilitas sed.
  4. Perl tidak memerlukan kompiler dan linker. Dengan demikian Perl memiliki sifat skrip shell.
Salah satu hal yang membuat Perl populer adalah karena Perl gratis. Tidak hanya pada level biner, kode sumber Perl juga dapat diperoleh tanpa membayar apapun. Selain itu, Perl tidak hanya bisa diterapkan pada sistem operasi UNIX, tapi juga:
  1. MS-DOS
  2. Windows 95
  3. Windows NT
  4. OS/2
  5. Macintosh
  6. dll
Perl tergolong sebagai interpreter walaupun bukan interpreter murni. Perl membaca kode sumber, kemudian akan melakukan kompilasi ke memori baru kemudian menjalankannya. Beberapa hal yang bisa ditangani Perl adalah:
  1. Pembuatan skrip untuk melakukan tugas tertentu yang biasanya ditangani dengan menggunakan skrip shell.
  2. Pemrosesan surat elektronik.
  3. Otomasi pengambilan berkas pada klien FTP
  4. Pembuatan web dinamis pada aplikasi berbasis internet.
  5. dll


yang mau download silahkan klik DISINI



Sufyan97

Posting Komentar untuk "Apa Itu Perl"